Cagub Sudirman Miris, Gaji Guru Dan Pegawai Tak Tetap Masuk Kategori Miskin Absolut

Cagub Sudirman Miris, Gaji Guru Dan Pegawai Tak Tetap Masuk Kategori Miskin Absolut
Cagub Sudirman Miris, Gaji Guru Dan Pegawai Tak Tetap Masuk Kategori Miskin Absolut. Sudirman Said, Calon Gubernur Jawa Tengah (Jateng) merasa miris setelah tahu betapa kecilnya gaji atau honor Guru Tidak Tetap/Pegawai Tidak Tetap (GTT/PTT) di Jateng. Bahkan, kata Sudirman, ada yang hanya mendapat bayaran Rp 50 ribu perbulan.

Pasangan Calon Gubernur Jawa Tengah Ida Fauziyah ini mengatakan, dengan jam kerja 25 hari, maka bisa dihitung per harinya para GTT/PTT hanya dibayar Rp 2 ribu.

Padahal, kata Sudirman Said, standar orang miskin adalah mereka yang berpendapatan Rp 10 ribu perhari. “Bagaimana ini bisa terjadi. Dengan pendapatan sebesar itu sudah masuk kategori miskin absolut alias sangat miskin,” ujar Sudirman saat berdialog dengan GTT/PTT di Kebumen, seperti dikutip Jawapos.com, Sabtu (19/5/2018).

Menurut Sudirman, terlalu berisiko menyerahkan masa depan anak-anak Jateng di bawah bimbingan guru yang dibayar jauh di bawah standar kelayakan. “Ini harus diperbaiki. Kita tidak bisa mempertaruhkan masa depan anak-anak Jateng,” ucapnya.
 
Padahal, kata Sudirman, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jateng cukup untuk membayar GTT/PTT secara layak.

Menurut Sudirman, dirinya hanya tinggal berdiskusi dengan DPRD dan para pimpinan partai agar menyetujui anggaran untuk perbaikan upah GTT/PTT. “Kalau perlu saya nggelosor ke para pimpinan partai untuk meminta tolong agar menyetujui anggaran untuk perbaikan kesejahteraan GTT/PTT ini,” tutur Sudirman Said.

Sudirman menegaskan, dirinya bersama Ida akan fokus pada pembangunan manusia daripada infastruktur. Pembangunan infrastruktur keras seperti jalan, jembatan, dan gedung, dinilai Sudirman memang penting.

“Namun, jauh lebih penting membangun infrastruktur lunak seperti meningkatkan kemampuan sumber daya manusia. Meliputi perbaikan kesejahteraan guru, baik guru sekolah umum, madrasah, juga guru-guru honorer,” kata Sudirman.

Sudirman menegaskan, “Saya tidak bisa berjanji mengangkat mereka (GTT/PTT) menjadi pegawai tetap. Tapi saya berjanji akan berjuang untuk perbaikan honor mereka.”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Partai Islam Damai Aman Deklarasi Dukung Sudirman Said

Sudirman Said: Akan Perjuangkan Dan Perbaiki Kesejahteraan GTT/PTT

Cagub Sudirman Said Berharap Jateng Jadi Rumah Para Santri