Kunci Utama Kedaulatan Pangan, Pemerintah Bersih Dan Peduli Pada Petani

Kunci Utama Kedaulatan Pangan, Pemerintah Bersih Dan Peduli Pada Petani
Kunci Utama Kedaulatan Pangan, Pemerintah Bersih Dan Peduli Pada Petani. Sudirman Said, Calon Gubernur Jawa Tengah (Jateng) nomer urut 2 bertemu dengan serikat paguyuban petani di Salatiga. Salah satu diskusi yang dibahas adalah soal kadaulatan pangan dan keberpihakkan kepada petani. Selain itu, mendorong terciptanya pertanian organik di Jawa Tengah.

“Kunci utama kedaulatan pangan di Jateng adalah pemerintahan yang bersih memiliki kepedulian dan keberpihakan kepada petani sehingga ujung dari urusan ini adalah terwujudnya ketahanan pangan di Jateng,” kata Sudirman Said dalam diskusi bertajuk Kedaulatan Pangan dan Kedaulatan Petani, Apakah Bisa Segera Diwujudkan di kantor Serikat Paguyuban Petani Qaryah Thayyibah (SPPQT), Kalibening, Tingkir, Salatiga, Jumat (11/5/2018).

Sudirman mengatakan, “petani sebagai salah satu subyek kedaulatan pangan. Untuk itu, bagaimana mendorong petani mengorganisir bibit secara alamiah, tanpa keterpaksaan utamanya dari penguasa.”
Menurut Sudirman, hal penting lain yang dapat dilakukan dalam upaya mewujudkan kedaulatan pangan adalah mengadopsi program-program sarjana membangun desa.

“Beberapa waktu lalu, kami bersama Mas Anies Baswedan membuat program di bidang pendidikan yakni Gerakan Indonesia Mengajar (GIM). Kemudian berlanjut juga ada program serupa di bidang kesehatan yakni Pencerah Nusantara,” tutur Sudirman.

Selain mendorong terciptanya kedaulatan pangan di Jawa Tengah, nantinya Sudirman juga ingin mewujudkan pertanian organik. “Kami mendorong pertanian organik semaksimal mungkin. Disana (pertanian organik) ada unsur pemulihan lahan, ada konservasi lingkungan dan ada aspek kesehatan masyarakat,” ujar Sudirman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Partai Islam Damai Aman Deklarasi Dukung Sudirman Said

Sudirman Said: Akan Perjuangkan Dan Perbaiki Kesejahteraan GTT/PTT

Cagub Sudirman Said Berharap Jateng Jadi Rumah Para Santri